12 Game Gratis Untuk Membantu Anda Belajar Pemrograman Secara Menyenangkan

News Pic

Bagi sebagian orang, pemrograman tak ubahnya seperti matematika yang rumit dan memusingkan kepala. Bagaimana tidak? Anda akan berkutat dengan rangkaian kode script yang hanya dipahami oleh komputer dan kalangan tertentu saja. Meski demikian, siapa bilang belajar pemrograman harus selalu serius bahkan stres? Ternyata, belajar pemrograman bisa juga menyenangkan dengan cara bermain game. Setidaknya ada 12 situs teratas yang memungkinkan Anda untuk belajar kode sambil bermain game. Evaluasi terhadap kualitas konten situs-situs tersebut didasarkan pada berbagai faktor yang mampu memberikan manfaat bagi programmer.

Kabar gembiranya 12 situs berkonten game untuk belajar kode dengan menyenangkan ini kebanyakan bukanlah situs premium, yang artinya tidak berbayar alias gratis. Ada yang sifatnya benar-benar gratis tinggal dimainkan, bahkan ada juga yang bersifat open source sehingga kode-kodenya bisa dimodifikasi dan dikembangkan sendiri. Situs-situs permainan tersebut dirancang untuk programmer pemula dan juga yang sudah mahir. Tujuannya agar mereka dapat mempelajari berbagai bahasa pemrograman komputer seperti JavaScript, Python, Java, PHP, C#, dan lainnya. Berikut 12 game gratis yang memungkinkan Anda untuk bermain sambil belajar kode pemrograman dengan menyenangkan.

CodinGame

Belajar sambil bermain pastilah menyenangkan. Bermain sambil belajar tentu akan mendapatkan manfaat berupa tambahan pengetahuan juga wawasan. Nah, CodinGame menawarkan semua itu. Di sini, Anda bisa memperdalam pengetahuan tentang coding. Tak hanya itu, Anda juga bisa mengatasi permasalahan berkaitan dengan coding dengan menghadapi tantangan di setiap level permainannya. Anda tak hanya akan menemukan keseruan bermain tetapi juga menemukan konsep baru dengan menghadapi tantangan yang dikemas dalam lebih dari 25 bahasa pemrograman.

CodeCombat

Bagi Anda yang masih menatapi jenjang sebagai programmer pemula, CodeCombat merupakan game yang pas untuk dimainkan sambil belajar kode. Sebagai suatu platform, CodeCombat menyajikan permainan untuk para siswa yang ingin belajar ilmu komputer melalui permainan nyata. Di sini Anda bisa mempelajari bahasa pemrograman Java, JavaScript, Python, Lua, dan juga CoffeeScript. Game ini berbasis proyek komunitas, artinya terdapat ratusan pemain relawan untuk menciptakan level permainan.

Screeps

Ingin belajar JavaScript dengan menyenangkan? Bermainlah game Screeps. Game ini cukup unik karena tidak memerlukan poin dan klik, tetapi mengharuskan pemain menuliskan kode-kode JavaScript untuk mengendalikan unit permainan secara mandiri. Asyiknya, pengendalian ini bisa dilakukan kapan saja, di mana saja, bahkan saat Anda sedang offline sekalipun.

Game Screeps dirancang bagi para programmer pemula bahkan mahir untuk lebih mendalami JavaScript. Bahkan pencipta game ini mengklaim sebagai permainan pertama dengan sandbox strategi MMO. Untuk memainkan game ini, Anda tidak harus menguasai JavaScript, tetapi setidaknya sudah memahami dasar-dasarnya. Sementara apabila Anda seorang pengembang profesional, inilah kesempatan untuk menguji keterampilan Anda melalui permainan.

Check iO

Check iO merupakan permainan berbasis browser yang didukung dengan dua bahasa pemrograman yakni JavaScript dan Python. Seperti game online lainnya, Check iO tak hanya asyik tetapi juga seru untuk dimainkan. Anda harus log in untuk bisa bermain game ini. Artinya, Anda harus melakukan registrasi terlebih dulu untuk memiliki akun di situs ini. Secara teknis, game ini memerlukan keterampilan dalam Python untuk memecahkan masalah di setiap level permainannya.

Vim Adventures

Permainan Vim Adventures memungkinkan Anda untuk belajar bahasa pemrograman Vim. Secara konten, game ini berjenis arcade yakni hanya untuk bersenang-senang saja, tidak ada action seperti game online lainnya. Meski demikian, game ini tetap asyik untuk dimainkan dan pastinya menyenangkan untuk belajar coding.
Anda bisa menggunakan kursor untuk bergerak maju mundur atau naik turun. Namun, permainan ini memiliki ‘stick’ khusus yang memudahkan Anda untuk bergerak, yaitu ‘h’ untuk bergerak ke kiri (mundur), ‘l’ untuk bergerak maju (kanan), ‘k’ untuk bergerak naik, dan ‘j’ untuk bergerak turun. Stick khusus tersebut dimaksudkan guna memudahkan Anda agar lebih praktis dalam melakukan pergerakan di saat jari-jemari mengetikkan kode untuk memainkan game ini. Meski demikian, menggunaan stick khusus tersebut tidaklah mutlak, karena Anda pun bisa memanfaatkan kursor untuk bergerak ke arah yang diinginkan. Anda bisa memanfaatkan keduanya, atau pilih salah satu yang menurut Anda lebih nyaman untuk digunakan.

Cyber Dojo

Cyber Dojo tak sekadar game yang menyenangkan ketika dimainkan, tetapi juga ruang bagi para programmer untuk mempraktikkan keterampilan pemrogramannya. Game ini menyediakan beragam bahasa pemrograman seperti Java, JavaScript, PHP, Python, Ruby, dan lain sebagainya. Semakin asyik karena game Cyber Dojo berbasis sumber terbuka (open source) sehingga Anda bisa memodifikasi dan mengembangkan sendiri level permainannya. Nah, jika Anda tertarik memainkan dan mengembangkan game ini, berikut link open source-nya.

Code Monkey

Code Monkey merupakan permainan edukasi lingkungan yang memungkinkan Anda untuk belajar beragam bahasa pemrograman. Untuk memainkan game ini, tidak diperlukan keterampilan dan pengalaman teknis tentang kode. Jadi, bagi para programmer pemula yang pemahaman dan keterampilannya tentang kode masih terbatas sangatlah welcome.

Dalam permainan berjenis arcade ini, Anda tidak hanya bisa belajar kode, tetapi juga bersenang-senang dan bermain menangkap pisang hingga menyelamatkan dunia. Kemampuan yang diharapkan dengan memainkan game ini, pemain bisa menciptakan dan mengembangkan aplikasi atau game sendiri.

Elevator Saga

Dari namanya Anda pasti sudah dapat menebak, Elevator Saga merupakan game tantangan untuk memecahkan masalah di dalam lift. Ketika mengunjungi situs game ini, Anda langsung dihadapkan pada tantangan pertama di mana Anda harus menyelesaikan tantangan selama 60 detik atau bahkan kurang. Jika Anda tertarik dengan game ini, Anda bisa memodifikasi kode script dan mengembangkannya, karena game ini bersifat open source di GitHub.

Codewars

Game yang satu ini sungguh menarik. Anda bisa menguasai coding dengan menyelesaikan tantangan yang dirancang pada game ini. Di sini Anda bisa meningkatkan keterampilan teknis Anda dengan berlatih dengan pemain lain untuk mengatasi tantangan kode secara nyata. Terdapat banyak bahasa pemrograman di dalam game Codewars ini, di antaranya JavaScript, Python, Clojure, CoffeeScript, C++, C#, Elixir, Java, Haskel, PHP, Ruby, TypeScript, dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk membuktikan keterampilan yang telah dimiliki, Anda diharuskan memilih bahasa pemrograman yang akan digunakan untuk memainkan game ini.

Ruby Quiz

Ruby Quiz merupakan permainan bagi para programmer pecinta bahasa pemrograman Ruby. Game berkonsep kuis ini menghadirkan tantangan yang berbeda dibandingkan dengan game lainnya. Di sini, Anda diminta untuk menjawab setiap tantangan yang diberikan setiap minggu, mengingat bahwa permainan ini merupakan tantangan pemrograman mingguan untuk para programmer Ruby. Kuis dalam permainan ini akan dikirimkan setiap Jumat melalui Ruby Talk mailing list. Mekanismenya setelah 48 jam tidak ada spoiler, maka semua orang diundang untuk berkontribusi memberikan solusi. Ringkasan atas hasil diskusi dan solusi akan dikirimkan pada hari Kamis. Pada hari berikutnya, siklus permainan kembali dimulai. Saat ini setidaknya sudah ada lebih dari 150 arsip kuis dengan beragam tema.

Git Games

Permainan Git Games menawarkan suasana dan tantangan yang berbeda dalam bermain dan belajar coding. Syarat bermainnya cukup sederhana, Anda hanya perlu memahami cara kerja git. Sebagai permainan berbasis terminal, Git Games menghadirkan fitur-fitur keren dari sistem SCM (Source Control Management). Bertema perburuan Scavanger, game ini akan menyenangkan ketika Anda menemukan petunjuk yang dapat membantu untuk memecahkan puzzle.

Hacker Org

Hacker Org merupakan game yang membawa Anda bereksplorasi untuk menghadapi dan menyelesaikan tantangan berupa serangkaian teka-teki, trik, tes, dan masalah yang sangat sulit. Game ini dirancang untuk menguji seberapa dalam keahlian hacking Anda. Untuk menghadapi tantangan di setiap level permainannya, Anda memerlukan keterampilan untuk memecah kriptografi, menulis kode pintar, dan membedah yang tidak dapat ditembus. Jika berhasil, maka Anda telah menguasai serangkaian tantangan tersebut, yang berarti pula bahwa kemampuan coding Anda patut diacungi jempol.

Bagikan artikel ini